Cara Menyimpan Bumbu Dapur, Di Dalam Atau Luar Kulkas?


Banyak masakan khas Indonesia mengandalkan bumbu dapur sebagai sumber rasa dan pemberi karakter pada rasa masakan. Karena bumbu dapur biasanya berupa rempah dan daun kering, banyak ibu rumah tangga yang bertanya-tanya bagaimana cara terbaik dalam menyimpan bumbu masak.

Beberapa ibu rumah tangga meyakini bahwa bumbu dapur harus di simpan di dapur dan bukannya di kulkas agar tidak membusuk. Yang lain yakin bahwa bumbu dapur akan lebih awet jika disimpan dalam kulkas. Bagaimana menurut Anda? Temukan jawaban tepatnya di bawah ini.

Menyimpan Berbagai Jenis Bumbu Dapur

Sebenarnya, setiap jenis rempah dan bumbu dapur membutuhkan cara penyimpanan yang berbeda-beda. Mengenai apakah menyimpan di dalam kulkas lebih baik daripada menyimpan bumbu dapur di luar kulkas, jawabannya adalah tergantung pada kapan Anda akan memakai bumbu dapur tersebut.

1. Menyimpan bumbu dapur di luar kulkas

Sebelum memutuskan untuk menyimpan bumbu dapur di luar atau di dalam kulkas, Anda perlu memperhatikan kondisi bumbu terlebih dahulu. Jika bumbu dapur sudah dalam keadaan terkelupas atau agak rusak, lebih baik menggunakan bumbu tersebut lebih dahulu dan menyimpannya di luar kulkas.

Gunakan bumbu dapur tersebut sesegera mungkin. Juga pastikan tidak ada bumbu yang berjamur. Jamur pada bumbu bisa cepat menular ke bumbu lain. Bumbu yang di simpan di suhu ruangan harus segera digunakan dalam waktu paling lama 1 minggu.

Jenis bumbu apa saja yang bisa disimpan di luar kulkas? Bagaimana cara menyimpannya?

  • Bumbu yang bisa disimpan di luar kulkas adalah bumbu dapur yang berjenis umbi atau akar-akaran, misalnya lengkuas, kunyit, jahe, serta teman-temannya yang lain.
  • Letakkan bumbu akar ke dalam kantong jaring, kertas berlubang, atau keranjang berlubang.
  • Simpan wadah bumbu akar-akaran tersebut di tempat yang suhunya sejuk serta kering dan tidak terkena sinar matahari atau dekat dengan kompor.
  • Perhatikan lokasi penyimpanan bumbu masak dan pastikan terdapat ventilasi untuk masuk keluar udara.

Jika bumbu akar-akaran tersebut disimpan di luar kulkas dalam waktu lebih dari 1 minggu, bumbu akar tersebut akan menjadi layu atau kering.

2. Menyimpan bumbu dapur di dalam kulkas

Bumbu dapur yang berbentuk daun, seperti daun sereh, daun salam, daun jeruk, dan lain sebagainya sebaiknya disimpan di dalam kulkas, meskipun akan segera digunakan atau akan disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Ada 2 cara menyimpan bumbu dapur di dalam kulkas:

  • Bersihkan bumbu dapur dan keringkan dengan benar. Lalu masukkan bumbu dapur ke wadah yang kedap udara. Simpan di dalam kulkas dan bumbu dapur bisa digunakan selama 1 minggu kedepan.
  • Parut bumbu akar-akaran seperti jahe dan teman-temannya. Masukkan parutan bumbu ke cetakan es batu kemudian bekukan. Masukkan rempah beku ke dalam wadah yang kedap udara. Bumbu dapur beku bisa digunakan hingga berbulan-bulan ke depan.

Sayangnya, menyimpan bumbu dapur ke dalam kulkas bukannya tanpa resiko. Menyimpan bumbu terlalu lama di dalam kulkas mengakibatkan bumbu dedaunan menjadi kering atau busuk. Bumbu berbentuk akar yang juga disimpan dalam kulkas bisa menjadi kering dan layu atau bahkan tumbuh tunas baru.

Jauh lebih baik untuk selalu menggunakan bumbu dalam keadaan segar yang bisa Anda peroleh dari  aplikasi TaniHub. Bumbu masak dan berbagai bahan lain bisa dibeli langsung dari para petani dan pemasok lokal sehingga seluruh persediaan Anda akan selalu dalam keadaan fresh dan lebih sehat.