Daftar Harga Mobil Tesla 2020, Dari Yang Termurah Hingga Termahal

momobil.id – Baru-baru ini, kapitalisasi pasar Tesla telah menembus angka US$83 miliar yang membuatnya menjadi perusahaan otomotif paling bernilai di Amerika Serikat. Hal tersebut membuat produsen mobil listrik ini menggeser posisi Ford pada tahun 2020 sebagai perusahaan yang paling bernilai di negeri Paman Sam. Sebelumnya pada tahun 1999, Ford memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$eighty one miliar.

Melesatnya nilai kapitalisasi pasar Tesla tak lepas dari perkembangan kinerja perusahaan tersebut. Daniel Ives selaku analis di Wedbush menyoriti pertumbuhan potensi pertumbuhan Tesla di Tiongkok. Sebagai informasi, Tesla telah berinvestasi di Tiongkok dengan membangun pabrik di Shanghai. Pada tahun 2020 ini, Tesla juga mulai mengirimkan mobil buatan pabriknya di negeri Tirai Bambu kepada konsumen.

Di Tiongkok, mobil listrik buatan Tesla dijual lebih murah dibanding pasar Amerika Serikat. Saat ini, Model 3 dijual seharga CNY299.050 (sekitar Rp594 juta) setelah mendapat subsidi sebesar CNY24.750 (sekitar Rp49 juta) dari harga regular CNY355.800 (sekitar Rp707 juta). Tesla memang melakukan beberapa penyesuaian terkait kebijakan penjualan produknya di Tiongkok. Mereka juga menawarkan harga yang lebih murah untuk aksesori mobil dan fasilitas residence charging.

Tesla Model three Lalu, bagaimana di Indonesia? Untuk Model 3 saja, ada tiga varian yang dijual di Indonesia melalui importir umum yakni Standard Range, Long Range, dan Performance. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp1,5 miliar dengan status off the street atau belum termasuk pajak.

Berlanjut ke mannequin berikutnya yakni Tesla Model X 75D A/T yang dibanderol paling murah senilai US$200 ribu atau sekitar Rp2,eight miliar. Mobil listrik yang diperkenalkan sejak 2016 lalu itu memiliki baterai berkapasitas seventy five kWh yang mampu melesat hingga 210 km/jam. Sedangkan jarak tempuhnya bisa mencapai 380 kilometer. Di Indonesia, PT Blue Bird Tbk sudah menggunakan mobil ini untuk armada taksi listrik yang diberi nama e-Taxi.

Berikutnya ada Tesla Model S yang juga ditawarkan dalam tiga varian. Varian standar yakni Model S Long Range yang dibanderol US$85 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar. Kemudian ada Model S Performance yang dibanderol US$99 ribu atau sekitar Rp1,3 miliar, dan Model S Performance with Ludicrous Mode yang dibanderol US$119 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar.

Baca Juga: Daftar Kenaikan Harga Mobil 2020, Mulai dari Kelas LCGC hingga SUV

Yang membedakan dari ketiga varian tersebut yakni jarak tempuhnya. Model S Long Range mampu menempuh jarak hingga 539 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Sedangkan Model S Performance dan Performance with Ludicrous Mode mampu menempuh jarka hingga 506 kilometer.

Terakhir, ada Tesla Roadster yang dibanderol mulai dari US$200 ribu hingga US$250 ribu (sekitar Rp2,7 miliar hingga Rp3,four miliar). Mobil listrik ini mampu mencapai kecepatan km/jam dalam waktu 4,2 detik. Sedangkan top speed mobil ini bisa lebih dari 402 km/jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Tesla Roadster mampu menempuh jarak hingga 997 kilometer. Setelah mengenal berbagai varian mobil Tesla tersebut, mannequin mana yang menjadi favoritmu pada tahun 2020 ini?