Daftar Velg Mobil Dengan Harga Murah Dan Bagus September 2020 Indonesia

Velg adalah logam melingkar yang jadi dudukan bagi dipasangnya sebuah ban. Entah karena fungsinya yang dianggap tidak terlalu important, banyak dari masyarakat Indonesia yang masih awam pengetahuan mengenai velg mobil. Sebagaimana velg motor, pemahanan velg mobil juga perlu untuk menunjang performa kendaraan. Diameter, lebar, hingga tipe adalah faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memahami karakteristik velg mobil Anda.

Ada hitung-hitungan tertentu dalam memilih velg mobil. Jika dilakukan dengan sembarangan, akibatnya bisa merusak spakbor, bikin boros bensin, bahkan yang lebih fatal seperti kecelakaan. Ambil contoh kemeja. Membeli kemeja harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kita. Tidak kekecilan, pun tidak kebesaran. Lebih lengkapnya, simak ideas-ideas berikut ini.

Ketahui spesifikasi PCD
Saat membicarakan velg mobil, ada satu istilah penting yang wajib Anda ketahui, namanya PCD (Pitch Circle Diameter). Cara pengukurannya adalah dengan menghitung jarak antara satu lubang baut dengan lubang baut lainnya. Contoh, jika pada velg tersebut tercantum four x a hundred, itu artinya velg tersebut punya 4 lubang baut dengan PCD 100mm. Jika lupa, buka kembali buku guide kendaraan roda empat Anda dan sesuaikan dengan PCD velg mobil yang Anda incar.

Offset
Istilah kedua ini sudah sangat lumrah di dunia modifikasi. Offset, punya pengertian yang lebih kurang sama dengan istilah yang ada pada olahraga sepak bola, yakni ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan dudukan velg pada kaki-kaki mobil. Makin kecil nilai offset, maka bibir luar semakin menonjol dari fender. Sebaliknya, makin besar nilai offset, maka velg bagian depan akan semakin masuk ke dalam fender.

Material
Seandainya pun Anda kurang paham dua istilah di atas, Anda dapat menyerahkan urusan itu kepada montir kepercayaan Anda. Akan tetap, soal materials, kendali penuh ada di tangan Anda. Secara umum, besi dan alloy (aluminium) jadi material velg mobil yang paling sering ditemukan. Cari velg mobil yang tahan banting dengan kaki-kaki berbobot ringan. Hal ini dimaksudkan agar bobot mobil bisa sedikit berkurang tanpa mengesampingkan keamanan.

Produsen velg mobil paling dicari
Membeli velg dari diler resmi model mobil Anda adalah pilihan paling aman. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba mencari velg-velg aftermarket yang selalu diburu untuk kepentingan modifikasi:

BBS

BBS atay yang merupakan singkatan dari Baumgartner Brand Schiltach, adalah brand asal Perancis. Velg mobil BBS mendapat momentum emasnya saat dipakai oleh jet darat F1 Michael Schumacker pada pertengahan tahun 90-an. BBSCHR, BBS F1, dan BBS LM adalah seri utama yang dimilikinya. Ukuran velg ini bervariasi mulai dari 15 hingga 19 inci. Faktor nama besar dan profesionalitas dalam setiap rancangannya adalah alasan mengapa velg mobil ini dapat terus bernapas hingga sekarang.

Lenso

Rata-rata orang mencari velg mobil Lenso karena desainnya yang stabil dan kokoh. Bobotnya juga ringan dan cukup banyak membantu efisiensi bahan bakar. Brand asli Thailand ini mengandalkan velg Lenso Ring 16 sebagai produk andalannya. Mobil SUV dan MPV seperti Avanza, Xenia, Livina, hingga Brio sangat cocok dipasangkan dengan velg brand ini.

HRE

Merk asal Amerika Serikat ini menawarkan velg konstruksi monoblock serta jenis cast wheel dan flowform wheel sebagai produk resmi yang didistribusikan ke Indonesia. P1SC Series, P2 Series, atau FF Series adalah segelintir line-up unggulan brand ini. Tapi seri S2H adalah yang paling laris karena selain punya konstruksi yang kuat, harganya juga relatif terjangkau dibanding seri lainnya. Mobil-mobil Chevrolet, BMW, atau Toyota sangat best menggunakan velg mobil ini.

Pada akhirnya, semua kembali kepada selera Anda. Tapi pastikan bahwa Anda selalu memperhitungkan spesifikasi serta materials velg mobil tersebut sebelum Anda benar-benar membelinya. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua.