KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OFFLINE DAN ONLINE STORE MENURUT PADI UMKM

Kemunculan platform digital jual barang dan jasa pemerintah pada Agustus 2020 ini membawa angin segar untuk para pelaku UMKM agar mampu terbiasa dengan hal yang berbau digitalisasi yaitu bisa disebut dengan PaDi UMKM. Pasar digital ini memiliki target untuk membantu UMKM agar go digital dan nantinya platform ini menjadi wadah belanja barang dan jasa BUMN sekaligus memajukan ekonomi Indonesia kedepannya.

Dikutip dari media sosial PaDi UMKM (31/12/20), Offline dan Online store memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui terlebih dahulu oleh para penjual sebelum mengambil keputusan berdagang untuk kedepannya. Daripada menduga-duga seperti apa offline dan online store untuk kedepannya, simak informasi berikut ini agar penjual siap menghadapi konsekuensi yang ada.

Pertama pembahasan seputar offline shop, offline shop tentu tidak sempurna dan memiliki kekurangan juga di dalamnya. Perlu diketahui, kelebihan offline shop yaitu pelanggan bisa pilih barang secara langsung dengan mengecek kondisi serta kualitas produk yang akan dipesan. Berbicara dengan pemilik produk tersebut pun akan semakin mudah karena tatap muka yang dilakukan dan jumlah pesanan yang lebih banyak juga akan mudah dikumpulkan.

Kelebihan lainnya dari offline store ini yaitu pembeli dapat membawa pulang produk yang akan dipesan. Ketika kualitas produk dirasakan bagus tetapi jumlah produk sedikit maka pemesanan serta keputusan membawa pulang produk akan lebih mudah dan cepat. Jika terdapat kendala yang dirasakan pada produk maka penyelesaian masalah juga akan lebih mudah dilakukan.

Kekurangan juga ada pada offline store seperti, biaya pengelolaan lebih tinggi dikarenakan perlunya membayar sewa tempat, membayar SDM serta membayar barang-barang lainnya demi keindahan toko tersebut ketika pelanggan datang. Lalu, kekurangan lainnya dimana perlu waktu khusus untuk berbelanja, dimana jika sudah lewat jam 8 atau 9 malam tentu toko akan tutup mengingat pegawai memiliki waktu tertentu sesuai dengan kontrak.

Untuk Online Shop, juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui karena online shop juga tidak sempurna, pertama kelebihan yang dimiliki yaitu banyak pilihan produk di satu platform, tanpa harus ribet-ribet menghitung jumlah, pelanggan bertanya seputar model dan warna, di dalam online shop akan disiapkan dari mulai jumlah, warna, model, dan ukuran yang tersedia. Selanjutnya, kelebihan lainnya yaitu tidak perlu antri untuk membeli produk, terlebih lagi ketika ada sale besar-besaran, hanya perlu kecepatan internet yang memadai saat pembeli mengakses toko online tersebut.

Kelebihan lainnya itu mudah diakses, tidak hanya berpromosi pada satu platform, media sosial juga bisa menjadi alternatif untuk berpromosi dan membawa pengguna lainnya untuk mengakses toko online anda.

Kekurangan toko online adalah perlu membayar ongkos kirim, jika jaraknya dekat maka akan murah jika jauh maka beberapa orang akan berfikir dua kali sebelum membeli. Jika membeli barang tersebut lebih murah dari ongkos kirim maka pembeli tentu akan memakan waktu lama untuk berfikir lalu memesan. Kekurangan selanjutnya adalah perlu edukasi untuk gunakan website atau aplikasi tersebut, jika penggunakan aplikasi sudah semudah mungkin tetapi beberapa orang malas untuk mengakses lebih jauh maka platform digital tersebut akan sulit untuk menarik pembeli. Terakhir resiko barang rusak dan hilang, kendala ini paling sering disalahkan karena bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, entah kerusakan akibat pengantaran barang maupun saat barang tersebut diterima pembeli.