Nissan Skyline Gt

JAKARTA – Paul Walker punya satu unit Nissan Skyline GT-4 V-Spec generasi R34 GT-R yang cukup langka termasuk populasinya di Amerika Serikat.

Semua car enthusiast terutama penggemar film Fast & Furious tentu kaget dengan kematian mendadak Paul Walker. Kecelakaan merenggut nyawa aktor berusia forty tahun yang sedang naik daun ini pada 30 November 2013.

Dengan kematiannya, Paul meninggalkan warisan yang cukup besar. Sebagai bintang Hollywood ini diperkirakan punya harta Rp 25 juta atau sekitara Rp 375 miliar plus tentunya mobil-mobil koleksinya seperti Chevrolet Chavelle Wagon 1964, Chevrolet II Nova 1967, Ford Bronco 1995, Nissan 370Z 2009 yang pernah tampil di ‘Fast Five’, Ford Mustang Boss Ford F-250 plus sederetan Nissan Skyline GT-R dan mobil modifikasi lainya..

Dari sederetan mobil koleksinya, Paul pernah punya sebuah Nissan Skyline GT-4 V-Spec generasi R34 GT-R. Mobil ini langka dan punya kisah atau sejarah menarik.

Baru-baru ini, seorang bernama Craig Lieberman mengungkap cerita tersebut di akun Youtubenya. Craig sendiri tak lain adalah technical advisor untuk movie Fast & Furious, jadi ia tahu betul seluk beluk dari Nissan Skyline GT-4 V-Spec generasi R34 ex Paul Walker.

Craig mengatakan bahwa ia yang memperkenalkan Paul ke mobil ini. Dulu beberapa model dari Skyline R34 diimpor masuk ke Amerika Serikat oleh perusahaan bernama MotoRex dan berbaik hati untuk meminjamkannya kepada Paul sebuah Skyline GT-R Blackbird.

Paul langsung jatuh cinta pada mobil tersebut, namun akhirnya tidak memilihnya. Craig tidak tahu alasannya, Paul akhirnya membeli R34 mannequin V-Spec 1999 dan memilih warna sonic silver. Menariknya, karena beberapa hal, Paul tak lama meiliki mobil tersebut kemudian menjualnya dan menggantinya dengan mannequin V-Spec II berwarna putih.

Kabarnya mobil tersebut dijual kepada seorang pria di Hawaii yang identitasnya tidak diungkap. Pria tersebut kemudian memerikan sentuhan modifikasi, mencoba mengikuti desain Blackbird seperti yang pernah dicoba Paul. Karenanya kemudian ditambahkan bodykit C-West plus beberapa spesial part lainnya.

Craig kemudian mengungkap cerita menarik, mobil ini tiba-tiba disita oleh pihak DEA (Drug Enforcement Administration) atau BNN-nya Amerika Serikat dari pemiliknya di Hawaii. Tidak dijelaskan secara element kasus yang terjadi, tapi pastinya berhubungan dengan penyalahgunaan narkoba.

Skyline ex Paul ini kemudian dijual lewat lelang, Dan seorang pria di Texas, Amerika Serikat yang mendapatkannya.

Dan untuk diketahui, saat ini Amerika Serikat melarang impor Nissan Skyline GT-R hingga 2024. Setidaknya ada 14 model yang telah diimpor MotoRex saat itu termasuk ex Paul Walker dan sementara saat ini tidak bisa lagi masuk ke Amerika Serikat.

Craig kemudian menyebutkan bahwa dengan kondisi ini dan langkanya barang plus mantan pemiliknya yang seorang bintang besar, tentu melambungkan harga Skyline GT-R ex Paul Walker. Ia kemudian menaksir harganya mencapai $ 400 ribu atau sekitar Rp 6 miliar

Untuk lebih lengkapnya simak video berikut ini.

[Ari]