Wow, Harga Mobil Dinas Bupati Abdya Hampir Rp 1,four Milyar

ACEH BARAT DAYA – Ketimpangan pembangunan di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tampaknya tidak menyurutkan pemangku jabatan berhenti berprilaku mewah. Hal tersebut terlihat dengan pembelian mobil dinas baru Bupati Abdya yang mencapai angka milyaran rupiah.

Data yang dihimpun AJNN, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Abdya membeli mobil dinas baru untuk Bupati terpilih periode yakni Ir Jufri Hasanuddin senilai Rp. 1, 381 milyar. Kendaraan dinas baru itu dengan merk Toyota Land Cruiser Prado pembeliannya mengunakan uang rakyat yaitu dengan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2014.

Menariknya mobil dinas Bupati ternyata harganya setara dengan mobil dinas Menteri RI. Padahal sebelumnya, Bupati Abdya sudah memiliki mobil dinas yakni Toyota Camry yang dibeli melalui anggaran APBK tahun 2012 lalu.

“ Toyota Camry itu belum sampai lima tahun umurnya, sudah beli mobil dinas baru lagi untuk bermewah-mewah dengan harga milyaran rupiah. Sementara rakyat kurang dihiraukan, pengangguran bertambah banyak, buktinya, ribuan tenaga honor sudah bertahun-tahun berbakti pada Pemkab Abdya tidak diluluskan kontrak, malah digudangkan, dengan alasan akan diberikan lahan karet. mana lahan karet itu untuk kami bekerja,” ungkap salah satu tenaga honorer yang tidak lulus kontrak kepada AJNN Senin (10/eleven).

Sementara itu, kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah Pemkab Abdya, Misriadi saat diwawancarai AJNN Senin (10/eleven) diruang kerjannya membenarkan pembelian mobil dinas baru tersebut. Selain mobil dinas baru Bupati, katanya, ada beberapa unit mobil lagi yang dibeli melalui APBK Perubahan 2014.

“Selain mobil dinas Bupati, ada juga beberapa mobil dinas lain yang sekarang masih dalam proses pengadaan, yaitu jenis Toyota Avanza 5 unit, Toyota Inova 1 unit dan Toyota deluxe jenis Doble cabin 1 unit,” kata Kabag Umum.

Misriadi juga mengaku, ke 7 unit mobil dinas yang kini dalam proses pengadaan itu dengan harga Rp. 1.550 milyar sumber anggaran APBK-P 2014. Dan diperkirakan ada bulan September 2014 ini sudah terealisasi atau sudah sampai ke Abdya.

“Kalau mobil dinas Bupati merknya Toyota Land Cruiser Prado, mobil itu pengadannya pada bulan Juli lalu sumber anggaran APBK 2014. harganya Rp. 1.381 milyar. Sedangkan yang tujuh unit lagi ini angaran dari APBK Perubahan, jumlah anggarannya Rp. 1.550 milyar. Saya tidak tau diberikan pada siapa atau dinas mana mobil-mobil tersebut,” ungkap Misriadi.

Yang anehnya lagi, pengadaan mobil dinas baru untuk bupati Abdya itu tidak diketahui oleh Anggota DPRK Abdya periode . Padahal mereka baru satu bulan lalu habis masa jabatan.

“ Saya tidak tau kalau bupati Abdya ada beli mobil dinas baru jenis Prado tahun ini,” ungkap Reza Mulyadi mantan anggota DPRK Abdya kepada AJNN di kopi Teungku Keude Paya, Senin (10/eleven) saat berbincang-bincang dengan AJNN.

Bila dijumlahkan secara keseluruhannya, Pemkab Abdya pada tahun 2014 ini menyerap anggaran hampir Rp. three milyar untuk pembelian kendaraan dinas baru. Lain lagi dengan tahun lalu, pada tahun 2013 lalu, Pemkab Abdya juga mengalokasikan milyaran anggaran daerah untuk pembelian mobil dinas.

Amatan AJNN beberapa hari yang lalu di kawasan pendopo Bupati Abdya jalan Irian Meudang Ara, Blangpidie. Tidak terlihat mobil dinas jenis Toyota Land Cruiser Prado yang mengunakan plat merah. Namun, setelah AJNN memasuki komplek pendopo tersebut, baru terlihat satu unit mobil Toyota Prado berwarna hitam terpakir didepan pendopo Bupati. Setelah wartawan melihatnya ternyata mobil tersebut platnya berwarna hitam nopol BL 423 CJ.

SUPRIAN